Berita Terbaru :

Gerakan Ayo Ngeblog: Menggores Tinta Di Dunia Maya


Sabtu, 20 April 2013

blogger
Blog (Foto: ilustration)



Perkembangan Pengguna Layanan Internet

Padang - Pada awalnya internet sebagai keperluan militer yang dibentuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 yang dipergunakan untuk menangani masalah apabila terjadi serangan nuklir dan guna menghindari kasus informasi terpusat (mudah dihancurkan) jika sekiranya terjadi perang. Invensi itu kebutuhan bagi faksi serdadu negeri Paman Sam sebagai privasi terorganisir.

Era globalisasi sekarang, internet telah bermetamorfosis menjadi universal. Sebagaimana dilansir dari  tekno.kompas.com, Jum'at (29/03/2013) dapat dikatakan pengguna internet di Indonesia berlabel 10 besar di dunia, tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi negara ini berdasarkan survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Tahun depan, jumlah itu ditaksir naik sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna. Bagi Negara maju dan berkembang internet merupakan poros informasi konstan, kontemporer dan termudah. Jangkauan dan akses semakin meroket berkat inovasi pengadaan teknologi modern. Tak heran, pengguna internet dunia kini meningkat pesat hingga tujuh persen atau 2,1 miliar pengguna, sebagaimana dikutip dari theultralinx.com.

Instansi lingkaran pemerintahan, pendidikan, usaha makro dan komunitas besar telah dahulu menggunakan internet sebagai media informasi dinamis. Saat ini bukan hanya segelintir lapisan tertentu saja yang memanfaatkan fasilitas internet, masyarakat umum sebenarnya sudah bisa mendayagunakannya dalam lingkup individu dan kelompok seperti pemanfaatan media blog.

"Ngeblog" dengan Blogger

blogger
Blogger (Foto: ilustration)
Blog berasal dari kata web log yang berarti aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan. Secara definisi blog merupakan suatu media untuk menulis melalui sebuah website yang isinya di update secara reguler. Blog sebagai fasilitas pengelola informasi layanan internet memenuhi kegiatan seperti penyedia informasi, konsultasi, transaksi penjual atau pembeli virtual, tempat diskusi, dan promosi. Produk pengelola informasi online yang terkenal adalah Blogger, Wordpress, Thumblr, BlogDetik, Kompasiana dan lain-lain.

Blog sederhana Walman.org menggunakan platform Blogger. Layanan Blogger ini diberikan secara gratis oleh Google.
Setelah diakusisi Google dari Pyra Labs akhir tahun 2002, banyak fitur plus dan menarik dan tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Kapasitas posting (jumlah tulisan) bersifat unlimited, Gmail 10,1 GB (fantastis) dan Google Album 1 GB (Picasa). Kecepatan akses Blogger sangat baik. Sebenarnya ini relatif, membangun website memang lebih baik, namun fakta menunjukkan dibanding menyewa hosting dan membuat website, layanan Blogger tak kalah saing dan menarik dengan website berbayar yang sudah banyak berkontribusi di mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Itu mengapa jumlah pengguna Blogger Indonesia sangat spektakuler mencapai 5,3 juta pengguna.

Blogger mempunyai fasilitas inter-koneksi keseluruh produk Google seperti Youtube, Picasa, Gmail, Google Plus, Google Adsense dan lain-lain. Cukup satu kunci, yakni akun Google, saudara sudah bisa menjajal superioritas dengan memanfaatkan layanan yang ada. Dengan Blogger dapat mempublikasikan tulisan-tulisan berupa opini, teori, pengalaman, diary dan lain sebagainya. “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis” (Imam Al-Ghazali).

Apa Manfaat "ngeblog"?

Ngeblog bukan hal tabu, mayoritas masyarakat “melek informasi” kini telah aktif ngeblog. Bagi yang telah menyelaminya, itu akan seruu dan sangat bermanfaat bagi kita dan orang lain. Bagaimana dengan yang ingin baru mencoba, tiada kata terlambat karena motivasi bukan secara frontal namun bertahap. Banyak hal dianggap sederhana menjadi luar biasa. Teringat penemuan tanpa disengaja yang menjadi populer di dunia. Diantaranya, Tahun 1853, George Crum, koki asal Saratoga Springs, New York dengan pembuatan keripik kentangnya, dan Wilson Greatbatch  penemu alat pacu jantung yang sangat fenomenal pada zamannya. Konsep hakikinya adalah Kesuksesan atau kebetulan berbanding lurus dengan kesungguhan usaha.

Novel Kambing Jantan (2005) dan sukses dari blog diangkat ke layar lebar tahun 2009 yang langsung dibintangi oleh penulisnya sendiri. Tiada terduga, awalnya adalah diary saja berisi ceplas-ceplos, kata-kata humor apa adanya menjadi blog fenomenal yang bertransformasi prestisi bagi penyuka komedi. Artikel blognya dimulai tahun 2002 lalu. Raditya Dika, pria kelahiran betawi ini menceritakan kekonyolannya tentang pergaulan masa-masa ketika SMA dan kuliah di Australia (2002-2004). Kini ia menjabat sebagai Redaktur Khusus penerbit Bukune, Direktur Utama perusahaan pemasaran internet Nyunyu Consulting, dan Direktur Pemasaran Celebrity Pancake. Semua itu tercapai ketika mengasah kualitas menulis dan secara otomatis kuantitas bicara menjadi baik. Karakter humornya tersalurkan, apakah kapasitas saudara mempunyai karakter yang sama sebagai humoris, kritisi, atau karya ilmiah, buktikan dengan menulis.

Tokoh Tehnopreneur lain dari luar negeri populer di dunia digital, Pete Cash More, Blog Mashble mengenai Berita Teknologi Dan Sosial Media, Pendapatan Perbulan : $ 550000 - $ 600,000 USD dari pengiklanan, donasi dan lain-lain.
Penulis tidak banyak berkomentar mengenai hal ini, masih banyak sekali kontribusi tokoh inspirasi yang menggali manfaat dengan menuangkan tulisan melalui blog.

Jadi, esensialnya banyak prospek bisa didapat sehingga menghasilkan keuntungan finansial di samping menyalurkan kesenangan hobi menulis. Itu semua berawal pada kualitas dan kuantitas kita mengelola blog. Beberapa peluang seperti sponsor iklan, jasa pemasangan iklan, review blog, lomba blog (desain dan menulis) berupa karya tulis ilmiah atau kontes SEO, fotografi media blog dan masih banyak peluang lainnya.

Berkarya di Dunia Digital

Ayo ngeblog
Menulis blog (Foto: ilustration)
Kesungguhan dan niat menulis menjadi landasan. Apapun nantinya terpenting menulis dalam rangka memberi informasi, membantu dan memuliakan orang lain demi mengharapkan ridho dari yang Maha Kuasa.

Memang tidak dapat dipungkiri, minat membaca dan menulis masyarakat indonesia masih tergolong rendah. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat H.R Agung Laksono, persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01 persen. Artinya dalam 10.000 orang hanya 1 orang saja yang memiliki minat baca. Menanggapi data tersebut, bagaimana cara mengaplikasikan pernyataan Hernowopenulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik”.

Ungkapan mengatakan menulis dan membaca yang melahirkan karya adalah bagian komponen pondasi agama dan negara, namun dengan fenomena tersebut perlu dilakukan klarifikasi lanjut demi meningkatkan kualitas. Dengan membaca bisa menulis. Banyak ide yang ditampung sehingga ditumpahkan ke dalam tulisan, dan itu dapat disalurkan ke media massa seperti majalah, koran, jurnal kampus atau “ngeblog”.

Di dunia ini tiada yang instan, semua butuh kesabaran dan waktu. Bagaimana sabjek mengelola objek dengan baik dan benar. Kuntowijoyo mengatakan “Syarat untuk menjadi penulis ada tiga, yaitu: menulis, menulis, menulis”. Ngeblog itu susah? Susah ketika niat telah menyatakan “susah”.
Banyak referensi mengenai sukses ngeblog, baik dari teknik pembuatan bagaimana cara membuat blog di Blogger melalui buku atau mudahnya melakukan penelusuran melalui “Om Google”. Hal yang dipertanyakan di sini adalah kemauan dan kreatifitas, hasil bukanlah hal menakjubkan, namun proses adalah kenikmatan atau kesenangan dan disana kita bisa belajar.

Stephen King mengutarakan bahwa menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya. Informasi yang sering saudara peroleh dari blog orang lain dan kini karya orisinal dan peran saudara juga dibutuhkan oleh orang lain.

Dengan ngeblog saudara akan dikenal oleh orang lain, membangun relasi melalui komunitas. Mempererat tali silahturrahim antara kita dan pengunjung. Pemanfaatan Blogger sebagai media menulis guna mengasah ketajaman kritis dan kedewasaan pola berpikir. Peka dengan koreksi dan komentar yang ada di lingkungan sekitar demi kemaslahatan diri dan orang lain. Sebagai makhluk sempurna kita telah diberi potensi untuk dilatih, tidak datang sendiri, semua terjadi jika ada kemauan pasti ada jalan.

Upaya pembangunan karakter ini yang perlu dikampanyekan terhadap generasi muda dan seluruh komponen masyarakat saat ini untuk membentuk kader-kader kompeten sekarang dan di masa depan. Potensi-potensi ini bersifat ‘no body perfect’, mempunyai kelemahan dan kelebihan dan itu perlu ditanggapi dengan keilmuan dengan saling mengisi satu sama lainnya. Pengasahan potensi itu perlu dilakukan semenjak dini. Menulis yang menjadi “ujung tombak” di dalam dunia keilmuan kini. Nah, dari hasil membaca yang melahirkan wacana dapat saudara salurkan dengan mudah melalui media pengelola informasi seperti Blogger, dan kini mari mantapkan dan katakan “Ayo! ngeblog”.  

Kita telah diberi fasilitas dan kini saatnya untuk melakukannya.“Rumah telah ada, tinggal kita menempatinya”, yang menjadi pertanyaan dimana alamatnya. Analogi tersebut menerangkan untuk rajin bertanya dan berusaha. Membaca dan menulis dengan “ngeblog” adalah jawabannya, satu solusi diantara ribuan yang ada. “apa yang anda pikirkan” tuturan Facebook, kita dibawa untuk menulis sesuai apa yang sedang terlintas dipikiran. “Hare gene, tren ngeblog” kami tunggu di dunia maya dan semoga sukses untuk saudara semua, Allahumma aamiin ...

Saudara diperbolehkan print out atau berbagi informasi tulisan di atas dengan menyertakan link sumber guna mengajak orang terdekat kita untuk cinta menulis seperti pemanfaatan media gratis pengelola informasi Blogger. Informasi lebih lanjut Gerakan Ayo Ngeblog, konsultasi gratis tentang Blogger: mailto;walman@email.com, Facebook; Walman Facecom.




Description: Gerakan Ayo Ngeblog: Menggores Tinta Di Dunia Maya Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Gerakan Ayo Ngeblog: Menggores Tinta Di Dunia Maya
Terima kasih anda telah membaca tulisan "Gerakan Ayo Ngeblog: Menggores Tinta Di Dunia Maya". Silahkan klik "tombol share" dan menggunakan fitur lain yang sudah tersedia. Anda tidak diizinkan melakukan penggandaan artikel atau copy-paste tulisan kami tanpa izin dan tanpa menaruh sumber aslinya.
Kami mengaktifkan DMCA COMPLAINT sehingga kami berharap anda bisa memakluminya. Untuk info lebih lanjut, baca terlebih dahulu PERATURAN mengenai izin share konten. Terima Kasih.
.

7 Komentar

Anonim
29 Maret 2013 pukul 20.13

Saya paham menulis itu sangat mengasyikkan, tapi saya sulit mendapatkan ide untuk dituangkan.

29 Maret 2013 pukul 20.19

Ide dapat dicari, namun enggan menghampiri. Esensi ide biasanya tidak ditunggu, ia terlintas difikiran secara reflek. tiba-tiba ide muncul dan hilang begitu saja.

Dengan "catatan kecil" mungkin bisa menampung bait tiap ide-ide yang saudara punya, kemudian langkah berikutnya ditulis secara deskriptif.

27 Mei 2013 pukul 14.50

ngeblog itu memang menyenangkan kita bisa bebas menuangkan apa yang ada di pikiran kita, yang nanti nya bisa juga berguna bagi pembaca yang lain

28 Mei 2013 pukul 19.01

@Berita Jambi Foto: Semakin menanamkan rasa berbagi, semakin mengasah ilmu yang dimiliki. 'Setuju banget' mas, happy blogging :D

Anonim
8 Juli 2013 pukul 16.33

Terkadang Menulis dan berbagi itu kadang tumpu,walau sebenarnya menulis itu asyik,apalagi yang kita tulis itu bermanfaat bangat bagi orang :)

11 Juli 2013 pukul 05.47


@lintasmotor.com: Penulispun saat ini seperti itu :( (sedang tidak semangat)

18 Agustus 2013 pukul 20.40

saya suka bagian "Kesuksesan atau kebetulan berbanding lurus dengan kesungguhan usaha."

itu artinya apa ya?

 

Selamat Datang

Selamat datang di "Walman.org", kumpulan informasi edukatif, inspiratif dan informatif. Ragam info bermanfaat dan terbaru yang unik menarik, pusat download gratis dan lain lain, Selengkapnya tentang Saya

Sepintas Tentang Saya :

Nama saya Walman, mahasiswa di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, jurusan SKI (Sejarah Kebudayaan Islam). Blog sederhana ini media aplikasi menulis sebagai penyalur hobi, mempererat silaturahmi dan berbagi informasi.

Info